Info Rujukan


>> CARA MERUJUK <<

Ketersediaan Bed

NEW !!

urodinamik
ESWL

Alat Terapi non-Bedah

Alat Diagnosis

Penunjang Medis




Menjaga Kesehatan Ginjal Saat Puasa PDF Cetak Email
Ditulis oleh Tim PKRS RSKB AN NUR Yogyakarta   


Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh kita. Organ ini mengeluarkan metabolisme dalam darah melalui urine. Dalam tubuh kita memiliki sepasang ginjal yang harus dijaga dengan baik. Ini 5 cara mudah untuk menjaga kesehatan ginjal meski sedang berpuasa:

1. CUKUPKAN MINUM AIR PUTIH
Biasakan minum 8 gelas setiap hari dengan pembagian sebanyak 3 gelas pada waktu berbuka,  2 gelas sebelum tidur, dan 3 gelas ketika makan sahur. Ini akan membantu ginjal tetap berfungsi dengan baik, karena juga mempengaruhi warna urine. Jika urine berwarna lebih gelap, tanda mengalami dehidrasi

2. HINDARI, JAUHI ROKOK DAN ALKOHOL
Minum terlalu banyak alkohol meningkatkan tekanan darah, sementara tekanan darah tinggi adalah penyebab paling umum dari terjadinya penyakit ginjal. Juga dengan merokok, jadi sebisa mungkin hindari dan  jauhi keduanya ketika puasa agar ginjal tetap sehat

3. JAGA ASUPAN GIZI HARIAN
Saat sahur dan berbuka, penting untuk memperhatikan apa saja makanan yang kita makan. Diet seimbang memastikan tubuh mendapatkan semua vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang diperlukan tubuh.
Makan buah, sayuran, dan biji-bijian. Sebisa mungkin hindari makanan berlemak, berminyak, dan makanan asin.

4. JAGA TEKANAN DARAH AGAR TETAP NORMAL
Periksa tekanan darah secara teratur. Tekanan darah tinggi tidak memiliki gejala tetapi dapat menjadi pemicu berbagai macam penyakit, seperti jantung dan ginjal.
Jika tekanan darah kita menunjukkan angka lebih tinggi dari normal, kurangi asupan garam,  makanan berminyak, dan semua hidangan siap saji.

5. JAGA BERAT BADAN
Jangan lupa menjaga berat badan agar tetap seimbang. Jangan sampai mengalami kegemukan, karena obesitas menyebabkan meningkatnya tekanan darah tinggi, dan dapat memperburuk kesehatan ginjal.
Jangan malas olahraga, jalan kaki atau bersepeda sudah  cukup dan minum vitamin supaya tubuh tetap terjaga kekebalannya dan puasa tetap lancar

 

Add comment


Security code
Refresh