Info Rujukan


>> CARA MERUJUK <<

Ketersediaan Bed

NEW !!

urodinamik
ESWL

Alat Terapi non-Bedah

Alat Diagnosis

Penunjang Medis




Spermatocele PDF Cetak Email
Ditulis oleh Tim PKRS RSKB AN NUR Yogyakarta   

SPERMATOCELE

 adalah kantung abnormal (kista) yang berkembang di epididimis - tabung kecil melingkar yang terletak di testis atas yang mengumpulkan dan mengangkut sperma. Spermatocele bukan kanker dan umumnya tidak menimbulkan rasa sakit, biasanya diisi dengan cairan susu atau bening yang mungkin mengandung sperma.
Spermatokel, kadang disebut juga kista spermatika, biasanya tidak mengurangi kesuburan atau memerlukan perawatan. Jika spermatokel tumbuh cukup besar sehingga menyebabkan ketidaknyamanan, dokter mungkin menyarankan pembedahan. Penyebab pasti dari spermatoceles belum jelas, tetapi kemungkinan disebabkan oleh penyumbatan di salah satu saluran yang mengangkut sperma.

Gejala

Spermatokel biasanya tidak menimbulkan tanda atau gejala dan mungkin ukurannya tetap stabil. Namun, jika ukurannya cukup besar akan merasa:
  • Nyeri atau ketidaknyamanan pada testis yang terkena
  • Berat di testis dengan spermatocele tersebut
  • Kepenuhan di belakang dan di atas testis

Penyebab

Spermatokel mungkin terjadi akibat penyumbatan di salah satu dari beberapa tabung di dalam epididimis yang mengangkut dan menyimpan sperma dari testis.

Pencegahan

Meskipun tidak ada cara untuk mencegah spermatokel, penting bagi kita untuk melakukan pemeriksaan skrotum sendiri setidaknya setiap bulan untuk mendeteksi perubahan, seperti massa, di skrotum . Setiap massa baru di skrotum  harus segera dievaluasi.


Pemeriksaan diri secara teratur merupakan kebiasaan kesehatan yang penting. Tapi itu tidak bisa menggantikan pemeriksaan dokter. Dokter biasanya memeriksa testis setiap kali Anda menjalani pemeriksaan fisik.
Hubungi dokter  jika Anda mengalami nyeri atau bengkak  dan jika menemukan benjolan di skrotum Anda.  


 

Add comment


Security code
Refresh