Info Rujukan


>> CARA MERUJUK <<

Ketersediaan Bed

NEW !!

urodinamik
ESWL

Alat Terapi non-Bedah

Alat Diagnosis

Penunjang Medis




Varikokel PDF Cetak Email
Ditulis oleh Tim PKRS RSKB AN NUR Yogyakarta   


APA ITU VARIKOKEL, CIRI, GEJALA, PENYEBAB DAN PENCEGAHANNYA

Varikokel adalah kondisi dimana pembesran pembuluh vena ( pembuluh balik) atau membentuk pembuluh varises didalam skrotum pada alat kelamin pria.
Vena adalah  pembuluh darah yang mengalirkan darah bagian tubuh kembali ke jantung. Vena berisi katup yang menjaga darah mengalir dalam arah yang benar. Namun, bila katup ini bermasalah, aliran darah berbalik arah ke belakang dan berkumpul di vena, yang menyebabkan vena bengkak.
Abnormal ini disebabkan karena kurangnya katup pada pembuluh balik tersebut. Pada penampakan muncul seperti salah satu zakar membesar, ataupun teraba seperti cacing-cacing yang besar di zakar.
Kasus varikokel lebih banyak terjadi selama masa pubertas yaitu pada usia 25 hingga 25 tahun. Penyakit ini berpotensi menyebabkan kemandulan karena penyakit ini dapat menurunkan kualitas dan kuantitas sperma yang menderitanya.

CIRI –CIRI DAN GEJALA:

Ada beberapa gejala yang dapat dirasakan setelah melakukan olahraga, atau setelah duduk duduk atau berdiri dalam waktu yang lama, gejala tersebut meliputi:
  1. Rasa nyeri di testis
  2. Perasaan berat atau menyeret didalam kantung testis
  3. Pelebaran pembuluh darah di kantung testis yang dapat diraba ( terasa urat menonjol)
  4. Testis lebih kecil di sisi tempat pembuluh darah melebar adalah (karena perbedaan dalam aliran darah)
Jika gejala dibiarkan dan tidak terobati , varikokel  dikhawatirkan berpotensi menyebabkan komplikasi seperti :
  • Penyusutan testis. Katup pembuluh vena yang rusak dapat menyebabkan darah berkumpul dan meningkatkan tekanan di dalam pembuluh darah tersebut . tekanan dan toksin yang dikandung darah ini lah yang diduga dapat merusak dan menyusutkan testis.
  • Kemandulan. Suhu yang terus menerus terlalu tinggi disekitar testis akibat varikokel dapat mempengaruhi pembentukan , kuantitas, pergerakan, serta kualitas sperma.


PENYEBABNYA

Didalam pembuluh vena terdapat katup-katup pembuluh yang berfungsi sebagai pintu satu arah. Ketika darah akan mengalir menuju jantung, katup akan terbuka agara darah dapat mengalir secara lancar ke organ tersebut. Begitu pula sebaliknya, katup akan menutup jika aliran darah berjalan lambat guna mencegah terjadinya aliran balik akibat gravitasi.
Jika katup tidak berfungsi dengan baik, maka darah akan mengalir balik dan mengendap didalam pembuluh vena yang lama kelamaan dapat menyebabkan pembengkakan.
Varikokel sering terjadi selama masa pubertas. Varikokel biasanya terjadi disisi kiri, kemungkinan besar karena posisi vena testis dikiri. Namun, varikokel dalam satu testis dapat mempengaruhi produksi sperma pada kedua buah pelir / testis

PENCEGAHAN VARIKOKEL

Lakukan hal-hal ini agar terhindar dari penyakit varikokel:
  • Hindari menggunakan celana terlalu ketat.
  • Jauhi diri dari gelombang elektromagnetik yang tinggi.
  • Hindari stres dengan istirahat yang cukup dan berekreasi.
  • Usahakan memakai celana dalam berbahan katun agar dapat menyerap keringat.
Temuilah dokter jika Anda melihat adanya pembengkakan dan benjolan pada kantong zakar atau skrotum  dan Anda  merasakan sakit serta menyadari adanya perbedaan ukuran antara testis kanan dan kiri.
 

Add comment


Security code
Refresh