NEW !!

LSWT
urodinamik
ESWL

Alat Terapi non-Bedah

Alat Diagnosis

Penunjang Medis




11 kebiasaaan Yang Dapat Menggangu Fungsi Ginjal PDF Cetak Email
Ditulis oleh dr. Achmad Reza Arifin   
Rabu, 01 November 2017 13:23


Pentingnya ginjal untuk tubuh dan kesehatan secara keseluruhan sangat besar, karena organ berbentuk kacang ini menyaring sekitar 120-170 liter urin per hari, dimana hasil penyaringan ini seperti racun, garam berlebih, dan urea (limbah mengandung nitrogen yang diproduksi saat metabolisme sel selesai). Urea yang terbentuk dalam hati diangkut melalui darah ke ginjal untuk kemudian dibuang. Tanpa ginjal, limbah dan racun akan menumpuk dalam darah.
Ginjal pada orang dewasa seukuran kepalan tangan, dan terletak tepat di bawah tulang rusuk di kedua sisi tulang belakang. Fungsi ginjal adalah mengatur kadar elektrolit, Menyaring darah, menghasilkan hormon yang mendukung kesehatan tulang, menghasilkan sel darah merah, Mengatur keseimbangan asam-basa (pH) darah dan cairan tubuh, Menjaga konsentrasi mineral, seperti natrium, kalium, dan fosfor dalam darah dan mengatur tekanan darah.
Seringkali, kebanyakan pasien gangguan ginjal tidak mengalami tanda kerusakan ginjal, jadi sangat penting untuk belajar bagaimana mengetahui tindakan pencegahan dan mendukung kesehatan ginjal.

Inilah 11 kebiasaan paling umum yang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan memberi banyak dampak pada organ ini:

1. Kebiasaan menahan kencing/pipis
Kebiasaan sering menahan/menunda kencing mengakibatkan meningkatkan tekanan yang bisa menyebabkan gagal ginjal dan batu ginjal.

2. Dehidrasi/kurang minum air
Dalam kasus asupan air yang tidak mencukupi, limbah, dan toksin yang harus dieliminasi dari tubuh mulai menumpuk dan menyebabkan kerusakan ginjal.

3. Overdosis konsumsi Gula
Periset telah menemukan bahwa individu yang minum lebih dari dua minuman manis setiap hari memiliki lebih banyak kesempatan untuk memiliki protein dalam air kencing mereka, yang merupakan gejala awal dari gangguan fungsi ginjal.

4. Overdosis konsumsi garam
Tingkat sodium yang berlebihan juga bisa menyebabkan kerusakan ginjal, karena mereka menekan tubuh dan meningkatkan tekanan darah.

5. Kurang tidur
Kurang tidur kronis menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk penyakit ginjal, karena tubuh perlu tidur dan selama waktu itu, untuk memperbaiki kerusakan pada jaringan ginjal.

6. Kekurangan vitamin dan mineral
Fungsi ginjal juga tergantung pada makanan yang Anda konsumsi, jadi jika tubuh Anda kekurangan beberapa vitamin dan mineral penting, seperti magnesium dan vitamin B6, ginjal Anda mungkin tidak dapat bekerja dengan baik.

7. Minum Kopi, minuman bersoda dan minuman energi yang berlebihan
Kafein menyebabkan stres pada ginjal dan meningkatkan tekanan darah, sehingga penggunaan yang berlebihan menyebabkan kerusakan pada ginjal setelah beberapa lama mengkonsumsi.

8. Konsumsi obat-obatan tanpa kontrol dokter
Obat bebas dan resep sering dibeli secara sembarangan tanpa kontrol dokter terutama untuk pengobatan nyeri (anti nyeri) dan antibiotik dapat menyebabkan masalah, Salah satu efek samping potensial dari penggunaan obat-obatan ini secara berlebihan adalah kerusakan ginjal dan hati.

9. Konsumsi protein yang berlebihan
Asupan protein hewani yang berlebihan, (terutama daging merah), meningkatkan beban metabolik pada ginjal, sehingga semakin banyak protein yang Anda makan, semakin berat beban kerja ginjal anda.

10. Konsumsi Alkohol secara berlebihan
Konsumsi lebih dari satu gelas setiap hari beberapa kali dalam seminggu meningkatkan risiko kerusakan ginjal, karena alkohol memberi tekanan pada ginjal dan hati.

11. Malas berolahraga
Kebiasaan ini dapat membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit, selain itu kurang olahraga juga dapat menganggu regenerasi tubuh yang bisa merusak kesehatan ginjal.

Nah, setelah mengetahui kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak dan menggangu fungsi ginjal kita. mulai sekarang mari kita kurangi dan hilangkan kebiasaan-kebiasaan tersebut untuk hidup sehat dan berkah. Aamiin

 

Add comment


Security code
Refresh