NEW !!

LSWT
urodinamik
ESWL

Alat Terapi non-Bedah

Alat Diagnosis

Penunjang Medis




Gagal Ginjal


Penyakit Gagal Ginjal adalah suatu penyakit dimana fungsi organ ginjal mengalami penurunan hingga akhirnya tidak lagi mampu bekerja sama sekali dalam hal penyaringan pembuangan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh seperti natrium dan kalium didalam darah atau produksi urine.

Penyakit gagal ginjal ini dapat menyerang siapa saja yang menderita penyakit serius atau terluka dimana hal itu berdampak langsung pada ginjal itu sendiri. Penyakit gagal ginjal lebih sering dialami mereka yang berusia dewasa, terlebih pada kaum lanjut usia.

A. Penyebab Gagal Ginjal

Terjadinya gagal ginjal disebabkan oleh beberapa penyakit serius yang didedrita oleh tubuh yang mana secara perlahan-lahan berdampak pada kerusakan organ ginjal. Adapun beberapa penyakit yang sering kali berdampak kerusakan ginjal diantaranya :

1. Penyakit tekanan darah tinggi (Hipertensi)
2. Penyakit Kencing Manis (Diabetes Mellitus)
3. Adanya sumbatan pada saluran kemih (Batu Ginjal, Batu Ureter, tumor, stenosis)
4. Kelainan autoimun, misalnya lupus eritematosus sistemik
5. Menderita penyakit kanker (cancer)
6. Kelainan ginjal, dimana terjadi perkembangan banyak kista
pada organ ginjal itu sendiri (polycystic kidney disease)
7. Rusaknya sel penyaring pada ginjal baik akibat peradangan oleh infeksi atau dampak dari penyakit darah tinggi. Istilah kedokterannya disebut sebagai glomerulonephritis.

 

 

 

Penyakit gagal ginjal berkembang secara perlahan kearah yang semakin buruk dimana ginjal sama sekali tidak lagi mampu bekerja sebagaimana funngsinya. Dalam dunia kedokteran dikenal 2 macam jenis serangan gagal ginjal, akut dan kronik.

Pada kasus Gagal Ginjal Akut, jika penyebab Gagal Ginjal segera diketahui dan diobati maka kemungkinan angka kesembuhan semakin besar, sehingga jika fungsi ginjal sudah baik, tidak perlu Cuci Darah Rutin.

Di RSKB An Nur banyak kasus gagal ginjal akut yang disebabkan oleh penyumbatan batu Ginjal atau Batu Ureter, setelah batu dihilangkan, maka fungsi ginjal bersangsur membaik.

B. Tanda dan Gejala Penyakit Gagal Ginjal

Adapun tanda dan gejala terjadinya gagal ginjal yang dialami penderita secara akut antara lain : Bengkak mata, kaki, nyeri pinggang hebat (kolik), kencing sakit, demam, kencing sedikit, kencing merah /darah, sering kencing.

Sedangkan tanda dan gejala yang mungkin timbul oleh adanya gagal ginjal kronik antara lain : Lemas, tidak ada tenaga, nafsu makan, mual, muntah, bengkak, kencing berkurang, gatal, sesak napas, pucat/anemi. Kelainan urin: Protein, Eritrosit, Lekosit. Kelainan hasil pemeriksaan Lab. lain: Creatinine darah naik, Hb turun, Urin: protein selalu positif.

C. Pengobatan dan Penanganan Gagal Ginjal

Penanganan serta Obat untuk gagal ginjal tergantung dari penyebab terjadinya kegagalan fungsi ginjal itu sendiri. Pada intinya, Tujuan pengobatan adalah untuk mengendalikan gejala, meminimalkan komplikasi dan memperlambat perkembangan penyakit. Sebagai contoh, Pasien mungkin perlu melakukan diet penurunan intake sodium, kalium, protein dan cairan. Bila diketahui penyebabnya adalah dampak penyakit lain, maka dokter akan memberikan obat-obatan atau therapy misalnya pemberian obat untuk pengobatan hipertensi, anemia atau mungkin kolesterol yang tinggi.

Seseorang yang mengalami kegagalan fungsi ginjal sangat perlu dimonitor pemasukan (intake) dan pengeluaran (output) cairan, sehingga tindakan dan pengobatan yang diberikan dapat dilakukan secara baik. Dalam beberapa kasus serius, Pasien akan disarankan atau diberikan tindakan pencucian darah {Haemodialisa (dialysis)}. Kemungkinan lainnya adalah dengan tindakan pencangkokan ginjal atau transplantasi ginjal.

 

Tentang Rumah Sakit Khusus Bedah AN NUR Yogyakarta
RSKB AN NUR
Yogyakarta  Pusat Pelayanan Urologi (ginjal, saluran kencing, disfungsi seksual dan infertilitas) melayani masalah: Gagal Ginjal, Batu Ginjal, Batu Ureter, Batu Kandung Kencing, Batu Uretra, Prostat, Ejakulasi Dini, Impotensi, Disfungsi Ereksi, Lama Tak Memiliki Keturunan, Phymosis, Hipospadia, Tumor saluran kencing dll
RSKB AN NUR Yogyakarta
memiliki alat-alat canggih tanpa bedah yaitu: ESWL (pecah batu ginjal, tanpa bedah, tanpa rawat inap, tanpa bius), URS (Tembak Batu Ureter tanpa bedah), TURP (Solusi prostat tanpa bedah), LSWT (alat terapi disfungsi ereksi)
RSKB AN NUR Yogyakarta memiliki alat-alat diagnosis modern terkini yaitu : Renogram (alat diagnostik fungsi ginjal) , Urodinamik (alat diagnostik Penyebab Ngompol), 

RSKB ANNUR Alamat: Jl. Colombo 14-16 Yogyakarta, Telp -0274-585848, Fax. 0274-564110
 

Add comment


Security code
Refresh